Senin, 04 Februari 2013

Kereta Api Model


Apasih Kereta Model Itu ?

     Kereta Api Model adalah sebuah mainan atau replika kereta api sebenarnya yang dibuat mainan menggunakan skala Ho dan N. Kereta api model atau kereta api miniatur sejatinya adalah sebuah mainan yang dapat bergerak maju atau mundur diatas rel, Dan kereta ini digerakkan menggunakan arus listrik yang diatur oleh pengontrol. Penampilan serta model miniatur kereta api ini nampak tidak ada bedanya dengan kereta api sungguhan yang sering kita lihat di stasiun maupun di perlintasan kereta api. oleh karena itu kereta model ini disukai semua kalangan (tua, muda, anak2 dan kaum hawa). Kereta api model sendiri merupakan hobby yang baik dan sangat edukatif yang mana didalam hoby ini untuk membuat suatu layout terdapat unsur pendidikan, seperti elektro untuk kelistrikan, arsitektur untuk membangun dioramanya (membuat rumput, pohon, gunung, dll) dan juga melatih ketelitian, kesabaran, ketenangan, pengetahuan, persahabatan juga memicu untuk mencintai kereta api. Bahkan hobby yang satu ini sangat erat hubungannya dengan hobby fotography, artinya kalau koleksi ataupun item Kereta Api model ini divisualisasikan dengan baik maka dapat kita sharing kepada rekan yang lain untuk dijadikan referensi ataupun hanya sebagai penghibur saat waktu senggang tentunya dengan foto yang cukup lengkap maka dapat dilihat dan diperhatikan detail Kereta Api model tersebut, seperti hunting foto kereta sesungguhnya. 

     Mungkin untuk Hobi ini di indonesia memang tergolong mahal atau sangat mahal dan masih agak langka di Indonesia khususnya, berbeda dengan di Negara Bagian Eropa khususnya Jerman, bisa dibilang 80% rumah tangga disana pasti memiliki kereta api model , maka tak heran perusahaan kereta model di jerman sangat maju dan modern karena secara tidak langsung menjadi perhatian dari warganya sendiri.

     Buat penggila kereta api model di Indonesia memang agak susah mendapatkan mainan kereta selain di jakarta, hampir susah ditemukan di toko-toko mainan yang namanya kereta api model bahkan tidak ada kereta api model di jual di toko tersebut, untuk di Jakarta sendiri setahu saya hanya ada 3 tempat penjualan mainan kereta api model antara lain :
  • Di Ratu Plaza (Agen kereta model merk terkenal Marklin)
  • Di STC Senayan (Disamping Ratu Plasa) disini lumayan banyak merk yang murah murah harganya
  • Di ITC Permata Hijau (Train Cafe) dengan diorama yang sangat luas dan track yang panjang.

Tidak ada komentar: