Senin, 04 Februari 2013

Mengenal Hobi Kereta Model

 Langkah Awal Mengenal Hobi Kereta Model

Sebagai pemula banyak sekali pertanyaan-pertanyaan mendasar tentang bagaimana memulai hobby kereta api model ini, sebenarnya ada banyak cara untuk memulai hobby kereta api model ini agar terlaksana, contoh seperti berikut :
  • Space (Ruang/tempat)Adalah ruangan yang akan digunakan sebagai layout kereta model tersebut. Mengukur dengan baik luas ruangan yang akan digunakan sangat penting. Karena keberadaan meja layout juga menjadi penentu baik tidaknya tata ruang di dalam rumah. Tampilannya juga harus memikat, mudah dilihat, dijangkau, dirawat dan dioperasikan. Disarankan untuk ketinggian meja memakai ukuran setinggi pusar orang dewasa. Sehingga didapat sudut pengendalian kereta model yang nyaman & tepat serta tidak terjangkau oleh tangan anak kecil.  
  • Skala HO atau N : Setelah ruangan yang akan digunakan diketahui, penentuan skala bisa diperkirakan dari ukuran meja layout yang akan dibuat dengan melihat ketersediaan ruangan yang nanti akan dipakai. Bisa menggunakan skala HO dengan perbandingan 1 : 87 atau skala N dengan perbandingan 1 : 160 dari kereta aslinya.

  • Perencanaan Lay Out : Merencanakan suatu lay out bisa menggunakan bantuan software/aplikasi yang biasa disebut track plan, atau bisa juga dengan mengandalkan imajinasi kita tapi harus dipertimbangkan matang sebelum diputuskan. Karena bentuk layout track berpengaruh pada :
^ kereta model itu sendiri, jenis loko dan gerbong yang melintas di atasnya. (elevasi)
^ bentuk diorama dan model aksesori miniatur bangunan yang akan digunakan. (tema diorama)
^ nuansa yang akan dihadirkan di atas meja. Nuansa inilah yang akan menentukan tampilan pribadi hobiesnya.
  • Jenis Kereta Model : Menentukan jenis Kereta model biasanya mengikuti dari tema diorama itu sendiri, apakah model indonesia, USA, Jepang dan Euro, untuk model indonesia belum memiliki produsen didalam kereta model itu sendiri, namun hand made dari para penghoby bisa jadi pilihan untuk ikut bersaing dengan jenis model pabrikan yang umum digunakan hobies di seluruh dunia, baik di skala HO atau N.
  • System Control :  Suatu alat yang berfungsi untuk menjalankan rangkaian kereta model. Saat ini ada dua system yang sering kita jumpai yaitu analog dan digital. System ini harus ditentukan sejak awal karena sangat berpengaruh pada penataan dan penggunaan piranti elektronik pendukung pada diorama atau layout.

Cara yang di atas tidaklah baku, karena semua itu tergantung dari individu masing-masing untuk menentukan dan anggaran dana (budget) yang disesuaikan.

Tidak ada komentar: